Sabtu, 13 Juni 2009

Idealego, "kita main sama band-band gede kaya Incubus"


Yes. Another talented local band. Idealego. Kita berhasil mewawancarai Fikri, Drumer Idealego. Kayanya ga asik nih klo kita menceritakan lagi hasil wawancaranya. Karena tiap prtanyaan yang kita ajukan, dijawab sangat menarik (buat kami) oleh sang drummer ini.

Nih langusung aja deh.



Kapan terbentuk?

9 November 2007

Bisa disebutin nama personel, sama posisinya?

Rama pada vokal, Yuma pada guitar, Hanibal pada guitar, fikri pada drum


Nama idealego diambil dari mana? Knp idealego?

kata Idealego sendiri mempunyai makna ide-ide yang dikeluarkan, digabungkandenganmeredam unsur-unsur idealisme dan egoisme, demi pencapaian sebuah karya.


Alirannya apa?

modern rock

Kenapa milih aliran tsb?

kita emang suka rock,apalagi ngeliat suasana musik di negeri kita sekarang yang flat alias itu-itu aja ngebuat kita pengen "nyambuk" para pendengar musik dan industri musik supaya bisa dengerin musik berkualitas bukan yang menye-menye terus. Emang ga ada salahnya mereka buat lagu seperti itu, itu kan hak mereka untuk berekspresi. ya paling engga idelago bisa kasi variasi bagi pendengar. Itu kan soal selera musik aja.


Kira2 dengan musik Idealego yang seperti itu pendengarnya siapa? Ada target tertentu?

kita ga mengkotak-kotakkan pendengar, bagi kita pendengar itu sama aja mau anak kecil atau orang dewasa, tergantung selera mereka suka sama musik apa kan. bagi kita yang penting lagu kita bisa didenger orang itu udah bagus apalagi bisa diapresiasi. karena prinsip idealego sendiri "bermusik itu kepuasan batin peman dan kepuasan batin pendengar harus seimbang supaya musik kita bisadinikmati sama-sama."


Influencenya siapa atau apa?

incubus deftones foo fighters the beatles hoobastank silverchair smashing pumpkins muse bloc party arcade fire pod saosin


Sampe sekarang udah brapa lagu? Siapa yang buat lagu sama aransementnya?

kalo lagu kita banyak tapi masih dikertas belum jadi musik, yang udah jadi musik ya baru di album perdana kita ini 10 lagu dan beberapa lagu lain yang masih di olah anak-anak untuk album berikutnya. Idealego harus bisa jadi band yang produktif. Di album yang pertama lirik lagu kebanyakan ditulis sama rama soalnya doi emang paling pinter ngerangkai kata-kata. ada beberapa lagu juga yang dibantuin sama benny soebardja (vokalis GiantStep era 70'an yang juga bokap nya rama).


Udah pernah main dmana aja?

jakarta rock parade, tribute to gito rollies, dan acara lain-lainnya di jakarta dan bandung yang lebih sering. bulan lalu kita dapet kesempaan diundang main di belanda acara tong-tong festival, semacam festival euro-asia gitu.


idealego manggung di tong-tong fair Den Haag 2009



Prestasi yang udah di dpt apa?

kalo prestasi menurut kita apa yang udah dijalanin idelaego itu merupakan suatu prestasi, dari mulai idealego kebentuk, ngeluarin album dan sampe bisa manggung di eropa. ya pokoknya apa yang kita jalanin itu kita anggep prestasi untuk motivasi kita


Rencana kedepan mau ngapain lagi?

rencana kita sekarang ya tuntasi promo album, sama manggung-manggung. terus kita juga dapet tawaran untuk main di pinkpop semacam woodstoknya belanda gitu nanti main sama band-band gede kaya Incubus, 30 second to mars yang udah pernah maen disana.oiya kita juga berencana untuk berkolaborasi sama saung udjo untuk main di Tong-tong tahun depan, rock tradisional gitu misinya sih supaya kebudayaan kita bisa terus eksis dan ngebuktiin kalo musik tradisional itu kebanggaan kita dan bisa dikolaborasiin sama musik modern. sama nyiapin album kedua.


Yah inilah yang menjadi kebanggaan kita semua. Band lokal bertalenta yang diakui oleh dunia internasional. Namun hanya satu yang kami tanyakan. Nanti jika sudah ke Belanda lagi, Apa rasanya main di panggung sekelas band-band Incubus dan 30 Second to Mars?


sumber :

wawancara langsung dengan fikri (drummer idealego)

djwirya.com (foto)

8 komentar:

  1. wihh hebat ada band indonesia seperti ini. sukses yaa!

    BalasHapus
  2. waw,keren.. gw pernah liat mereka live, dan gw punya cdnya juga.. enak bgt yg lagu anggun..

    BalasHapus
  3. idealego keren, sukses terus yaa

    BalasHapus
  4. iya betul tuh.. jangan yang melayu2 aja yang didukung...

    BalasHapus
  5. melayu dalam konteks kebudayaan tidaklah mengapa. yang perlu digarisbawahi adalah kemasan musiknya. tempo,irama, lirik, penampilan. yang seolah sama, dan yang sama itu seolah mencirikan kebudayaannya. ketika suatu kebudayaan lokal seperti melayu digarap di tangan yang pas, tidaklah sulit mengembangkannya menjadi musik pop. karena sesuatu yang berkualitas selalu mendapat tempat dihati. :)

    BalasHapus
  6. kereeeennn yang mau kolaborasi sama saung angklung mang udjo itu bwt dbawa ke luar negeri jg kan yah? hebathebaat! salut yaa bwt idealego semoga sukses teruuss *empatjempol*

    BalasHapus